Lenovo Z40-72: Laptop Gaming, Harga Miring

Jakarta - Kebutuhan perangkat komputer mobile sekarang ini tak hanya untuk pendukung kinerja. Tak sedikit orang yang menggunakan notebook atau laptop miliknya sebagai perangkat hiburan seperti bermain game ringan atau menonton video.

Kebutuhan bekerja dibuat nyaman dengan AccuType keyboard walaupun papan keyboard ini tidak dilengkapi backlight. Sedangkan bagi para pengguna komputer yang juga hobi main game bakalan lebih nyaman notebook dengan nomor seri Lenovo Z40-72 ini.


Hal itu dikarenakan Lenovo Z40-72 ditenagai prosesor APU AMD A10-7300. Yakni prosesor generasi Kaveri yang didalamnya sudah terdapat kartu grafis Radeon R6M255DX. Teknologi Kaveri disebutkan memungkinkan notebook tetap bisa berjalan secara berkesinambungan dan cerdas dalam membagi beban kerja sehingga lebih efisien.


Notebook buatan China ini memiliki desain ramping dengan ketebalan 1 cm meskipun dilengkapi fitur DVD-RW. Lenovo Z40-72 didukung layar 14 inchi dengan resolusi 1366x768, panel TN dan glossy surface, serta rasio 16:9, walaupun bukan touch screen, tetapi layarnya cukup mengakomodir kebutuhan bekerja dan bermain.


Lenovo Z40-72 juga dilengkapi slot USB 3,0, dua port USB 2,0, port VGA dan HDMI, slot untuk SD Card dan colokan 3,5 mm serta lubang RJ45. Untuk kualitas suara, laptop ini dilengkapi teknologi audio Dolby Home Theatre yang bakalan memberikan suara renyah saat menjalankan fitur suara.


Sewaktu dijajal dengan perangkat lunak khusus penguji komputer Sky Diver dari 3DMark yang ditujukan untuk mengukur laptop gaming. Pengujian yang dilakukan pada Lenovo Z40-72 mendapat skor 2144, nilai yang bagus untuk laptop gaming kelas menengah.


Ketiika digunakan bermain game, kartu grafis Radeon R6 M255DX yang sedang bekerja ditingkat maksimal tidak membuat temperatur laptop melonjak panas. Desain pada bodi laptop yang banyak memiliki kisi-kisi disebutkan sebagai rahasia komputer jinjing ini mampu membuang panas dengan segera.


Dengan harga sekitar Rp 6,3 juta, komputer jinjing buatan Lenovo dengan prosesor AMD ini disebutkan cocok untuk pengguna dari kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan kantor yang sering mobile.


Kehadiran notebook dari Lenovo yang ditenagai prosesor AMD ini digadang-gadang bakal jadi solusi bagi para pekerja dan pelajar yang ingin memiliki notebook gaming berharga miring tanpa harus merogoh kocek puluhan juta rupiah.


(rou/rou)