Rock Band 4 Menggoyang di Akhir Tahun

Jakarta - Rumor tentang kelanjutan serial game Rock Band benar-benar terbukti. Studio game Harmonix resmi mengumumkan akan merilis Rock Band 4 untuk PlayStation 4 dan Xbox One di akhir tahun 2015.

Rock Band pertama kali menjejakkan kaki di industri game konsol pada tahun 2007. Kala itu developer asal Cambridge, Massachusetts, AS ini memulai debutnya dengan merilis Rock Band untuk platform PlayStation 3, Xbox 360, dan PlayStation 2.


Kini, setelah rilis terakhir di tahun 2010 dengan Rock Band 3, Harmonix akhirnya memiliki ide untuk meluncurkan Rock Band untuk perangkat konsol generasi saat ini.


"Semangat dari fans kami dalam Rock Band selama bertahun-tahun ini menunjukkan bahwa musik rock belum benar-benar mati, dan jelas kami akan sangat senang untuk kembali menggarap waralaba ini ketika waktunya tepat," ujar Juru Bicara Harmonix beberapa waktu lalu.


Bicara soal game Rock Band, pastinya tak afdol jika tidak berbicara mengenai perangkat pendukung itu sendiri. Dalam menyediakan perangkat pendukung seperti gitar, drum, dan mikrophone terbaru, Harmonix melakukan kerjasama dengan produsen aksesoris gaming ternama, Madcatz. Pun begitu, demi menjaga persatuan komunitas, Rock Band 4 tidak akan mendukung keyboard dan pro-controller.


Tak hanya itu, Product Manager Harmonix, Daniel Sussman juga mengatakan jika pihaknya tengah berupaya agar bagaimana caranya perangkat pendukung yang lama -- yang digunakan di PlaySation 3 dan Xbox 360 -- dapat digunakan pada game terbarunya ini.


Lantas bagaimana dengan DLC yang telah gamer beli pada Rock Band sebelumnya? Tenang, karena menurut Daniel, DLC yang telah dibeli gamer tetap akan bisa digunakan di Rock Band 4.


"Kami telah bekerjasama dengan Sony dan Microsoft guna mendukung hak waris. Jadi, DLC yang kalian beli di PlayStation 3 akan bisa dipakai di PlayStation 4, begitu pula dengan Xbox," ujar Daniel.


Bila dihitung dari tanggal terakhir game ini rilis, Rock Band bisa dibilang tertidur cukup panjang, dari 2010 ke 2015. "Kami tidak membayangkan Rock Band 5, 6, 7, dan 8. Apa yang kami lebih suka adalah membangun fitur Rock Band 4 melalui konten dan judul yang dapat di-update yang dikembangkan sesuai dengan permintaan komunitas," tandas Daniel dikutip detikINET dari Gamespot, Jumat (6/3/2015).


(ash/ash)