Google Nexus Terbaru Dirakit Huawei?

Jakarta - Perangkat Nexus dibuat oleh vendor yang berbeda-beda. Untuk smartphone atau tablet Nexus terbaru Google kabarnya akan menggandeng Huawei sebagai produsen.

Informasi ini bocor dari direktur firma riset asal China iSuppli Kevin Yang. Menurutnya, Google telah menandatangani kesepakatan dengan Huawei untuk berkolaborasi membuat smartphone Nexus terbaru.


Jika kabar ini benar, maka ini pertama kalinya Google mempercayakan penggarapan seri Nexus ke manufaktur asal China. Perangkat Nexus sebelumnya dibuat oleh pabrikan asal Korea Selatan Samsung dan LG serta perusahaan asal Taiwan HTC.


Dilansir The Verge, Jumat (6/3/2015), CEO Huawei Richard Yu saat berbicara dalam salah satu sesi di Mobile World Congress (MWC) 2015, sempat menyebut bahwa perusahaannya berharap bisa bekerjasama dengan Google untuk memperluas eksistensinya di pasar Amerika Serikat (AS).


Mendapat tudingan melakukan praktik mata-mata, Huawei kesulitan memasuki pasar AS. Perseteruan antara Huawei dan Amerika Serikat sepertinya sulit mereda. Karena isu ini, Huawei bahkan mengalihkan fokusnya pasarnya ke Eropa.


(rns/ash)