Empat Tipe Mobil Ini Paling Dicari di Internet

Jakarta - Toyota Avanza, kemudian diikuti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan terbaru Honda Mobilio. Baik baru maupun bekas, keempatnya jadi mobil yang paling banyak dicari di internet belakangan ini.

"Umumnya, mobil paling populer yang dicari adalah Avanza diikuti oleh Xenia dan Ertiga. Mobilio tampaknya menyusul juga. Saya melihat jenis MPV adalah pilihan bagi masyarakat Indonesia," kata PC Gan, Country Manager Mobil123 saat berbincang dengan detikINET lewat email, Rabu (4/3/2015).


Pada 2014 lalu, Toyota memang masih mendominasi penjualan mobil dengan persentase 30,2%. Tapi berbeda dengan dunia nyata, di mana posisi kedua ditempati oleh Daihatsu. Data di Mobil123 mengatakan, Honda dan Suzuki justru menempati posisi kedua dan ketiga. Adapun Daihatsu berada di posisi keempat.


Sementara untuk modelnya, sama seperti dunia nyata, Toyota Avanza dan Xenia di tahun 2014 memimpin dalam listing mobil di situs Mobil123, disusul oleh Toyota Innova, Suzuki APV dan Honda Jazz.


Walaupun antara dunia nyata dan dunia maya kerap terjadi perbedaan tren, namun permintaan mobil di internet diakui semakin tinggi dari tahun ke tahun. Bahkan, 9 dari 10 orang di Indonesia diyakini akan melakukan pembelian mobil dengan cara mencari informasi terlebih dulu lewat internet.


Hal itu pula yang membuat CEO iCar Asia Damon Rielly memutuskan untuk menyuntikkan dana besar hingga Rp 18 miliar agar bisa menghadirkan sebuah sistem manajemen yang diberi nama Si Jari untuk portal Mobil123 yang bisa di-download gratis di Google Play dan App Store.


Hasilnya, tren penjualan di situsnya pun meningkat pesat. "Pengguna kami mengatakan, dalam hari yang sama iklan mobilnya tayang, ia telah menjual dua mobil dalam satu jam berikutnya. Sangat menarik dengan mengetahui apa yang telah kami bangun," kata PC.Next


(rou/rns)