Unik, Gurita Ini Memotret Penelitinya

Jakarta - Masih ingat dengan gurita bernama Paul. Hewan laut ini mendadak terkenal karena berhasil memprediksi jawara Euro 2010. Nah pekan ini, sebuah gurita kembali menjadi perhatian dunia karena memotret seorang peneliti.

Ceritanya begini, seorang peneliti dari Middleburry College di Vermont, Amerika Serikat ingin memotret gurita guna penelitian mahasiswa neuroscience.


Peneliti bernama Benjamin Savard ini melekatkan kamera GoPro tahan air ke dalam tangki. Ia mengarahkan lensa menghadap si gurita. Setelah itu meninggalkannya untuk memotret serangkaian foto.


Gurita tersebut rupanya menyadari kamera tersebut. Lalu menjangkaunya dengan tentakel dan mengarahkan kamera tersebut ke Savard yang tengah memegang DSLR sembari mengobservasi si gurita.


Geli dengan tingkah sang gurita, Savard mem-posting foto kejadian tersebut ke Reddit. Tanpa disangka menjadi populer, terlebih setelah dibahas di NBC News dan Wahington Post.


Meski demikian, banyak yang malah menuduh Savard hanya mengumbar cerita bohong. Savard pun tidak tinggal diam. Seperti yang dikutip detikINET dari PetaPixel, Sabtu (7/3/2015) pria ini lalu memposting foto yang menunjukan urutan kejadian. Tak tangung-tangung, ia pun membuatnya dalam format GIF.


File GIF tersebut memang tidak menunjukkan sang Gurita bisa fotografi. Savard pun menegaskan dalam wawancaranya dengan Washington Post bahwa setelah menunjukkan kamera ke arahnya, si gurita mencoba untuk memakannya.


(asj/asj)