iPhone 6 vs Galaxy S6, Siapa Jiplak Siapa?

Jakarta - Ketika Samsung Galaxy S6 diperkenalkan, banyak orang mengatakan bahwa desain Galaxy S6 sangat mirip bahkan dianggap menjiplak desain iPhone 6. Benarkah demikian?

Prolog, Persepsi dan Daya Ingat


Hasil riset mengenai daya ingat ternyata membuktikan bahwa sebenarnya untuk sesuatu hal yang umum dan kita sudah merasa kenal, sebenarnya sebagian besar tidak kita hafal secara menyeluruh, karena otak kita memiliki ingatan yang adaptif dan menyaring mana yang harus kita ingat dengan lebih sempurna dan mana yang tidak.


Misalkan setiap hari walau kita senantiasa memegang smartphone kesayangan kita, coba tanpa melihat dan memegangnya, kita coba mengingat, di manakah tombol volume berada, apakah di sisi kiri atau di sisi kanan? Kamera depan apakah berada lebih ke pojok kiri atas atau ke pojok kanan atas? Lubang jack headphone, ada di atas atau di bawah? Posisinya ada di sisi kiri atau kanan ya?


Kemungkinan kita sekarang menyadari, kita belum tentu mengenal betul secara detail smartphone kita, walau setiap saat kita gunakan.


Sebuah percobaan yang baru-baru ini dilaksanakan kepada para pelajar oleh Universitas California menunjukkan lebih jauh masalah persepsi dan daya ingat ini.


Dari 85 pelajar yang hampir 90% memiliki produk Apple, diminta menggambarkan logo Apple yang bentuknya sebenarnya sangat sederhana (dan sepertinya kita juga merasa sudah hafal bentuknya).Next


(ash/ash)