Zusy, Si Seksi dari Kazakhstan yang Suka Judi

Jakarta - Namanya cukup menarik perhatian, si seksi Zusy. Namun sekali menginfeksi, dijamin Anda akan dibuat pusing dengan ulahnya.

Zusy bukan nama seorang wanita cantik. Melainkan program jahat yang suka menginfeksi komputer. Aksi merugikan yang dilancarkannya adalah menghabiskan bandwidth, mengakses situs-situs berbahaya seperti situs malware dan situs judi serta menjadikan komputer Anda sebagai zombie untuk melakukan keinginannya.


Malware yang terdeteksi oleh G Data sebagai Gen:Variant.Zusy.74842, atau Trojan Downloader: Win32/Cutwail.BS ini adalah varian dari Win32 Cutwail.


Varian malware ini dapat mengunduh dan mengeksekusi file tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Fungsi tersebut digunakan untuk menginstal komponen Cutwail tambahan dan malware lain pada komputer yang terinfeksi seperti yang dilakukan oleh Zbot yang mengunduh Cryprolocker ke komputer yang berhasil diinfeksinya.


Secara umum, variant Cutwail digunakan untuk remote komputer dan mengarahkan mereka dengan berbagai cara untuk keuntungan pembuat malware, biasanya untuk keuntungan finansial.


Malware ini dapat beroperasi di komputer yang terinfeksi untuk mendistribusikan malware tambahan, mengirim spam, menghasilkan pendapatan iklan 'bayar per klik', mencuri alamat email dan melakukan bruteforce -- suatu cara yang digunakan cracker untuk menebak password.


Komponennya bervariasi, tetapi mencakup trojan downloader, spammer dan virus. Cutwail juga menggunakan rootkit dan teknik lain untuk menghindari pendeteksian dan penghapusan. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!