Blusukan ke Markas Dell di AS

Texas - Dell memberikan kesempatan pada sejumlah wartawan dari Asia Pasifik, termasuk detikInet, untuk melihat langsung markas besar mereka di Round Rock, Texas, belum lama ini.

Pada kunjungan ini Dell memperlihatkan salah satu inovasi terbaru mereka sebagai perusahaan yang kini tak hanya fokus pada penjualan PC, notebook dan tablet.


Round Rock, Texas, yang menjadi markas Dell terletak 32 km dari Austin, kota paling dekat dengan tempat tersebut. Meskipun hanya kota kecil, dengan luas 68 km2 dan berpenduduk 109.821, kota ini memiliki prestasi yang cukup baik.


Berdasarkan data dari majalah Money pada 2008, Round Rock merupakan salah satu kota terbaik untuk hidup di Amerika Serikat. Berdasarkan catatan CNN pada 2009, kota ini juga menjadi kota kedua dengan pertumbuhan tercepat di AS.


Pertumbuhan dan kepopuleran Round Rock ini tidak terlepas dari Dell, yang menjadikan kota tersebut sebagai markas perusahaan IT mereka sejak 1996. Sebelumnya Michael Dell, seorang mahasiswa yang memulai bisnis Dell dari kamar asmaranya di kampus, mendirikan Dell di Austin Texas.



Namun seiring kemajuan dan kebutuhan kantor yang lebih luas, Round Rock pun menjadi pilihan. Dengan Dell yang merekrut belasan ribu orang untuk bekerja di perusahaannya, kota Round Rock pun berkembang secara ekonomi. Data yang diungkapkan koran Austin American-Statesman, pada 1999 sekitar setengah dari pendapatan yang didapat kota tersebut datang dari pajak penjualan dari markas Dell.Next


(eny/tyo)