Tenang, Fitur 'Read' di WhatsApp Nanti Bisa Dimatikan

Jakarta - Tak seperti di BlackBerry Messenger (BBM), fitur 'read' di WhatsApp ternyata kurang mendapat sambutan positif dari para penggunanya. Alhasil, fitur yang baru seumur jagung itu dilaporkan bakal memiliki opsi untuk dimatikan.

Seperti diketahui, WhatsApp telah merilis update terbaru yang bikin penggunanya bisa memastikan bahwa pesan yang dikirimkan sudah terbaca oleh orang yang dituju. Namun banyak pengguna yang menyesalkan kehadiran fitur 'read' tersebut.


Memang belum dapat dipastikan kapan fitur 'read' tersebut dapat dimatikan oleh penggunanya. Namun dari bocoran screenshot yang beredar di internet, Selasa (11/11/2014), di aplikasi WhatsApp akan ada pilihan centang untuk mengaktifkan atau mematikan fitur 'read'.


Fitur 'read' sendiri sebenarnya bukan hal yang baru di dunia layanan pesan instan. BBM adalah salah satu aplikasi yang telah menggunakannya sejak lama. Tapi siapa sangka kehadiranya di WhatsApp ternyata tidak diharapkan.


Banyak pengguna WhatsApp beralasan fitur 'read' ini bisa memicu keributan. Karena saat pesan yang dikirim telah terbaca, maka pengguna seakan dipaksa untuk segera membalas pesan tersebut. Bila tidak, bisa saja hal itu dapat menimbulkan 'masalah'.


(yud/rou)