Mark Zuckerberg Kecewa dengan Film 'The Social Network'

Jakarta - Kisah hidup difilmkan ke layar lebar dan ditonton jutaan orang di seluruh dunia tak membuat Mark Zuckerberg senang. Pendiri Facebook itu mengaku kecewa dengan jalan cerita di film 'The Social Network.' Kenapa?

Saat sesi tanya jawab secara streaming di Facebook akhir pekan lalu, Zuckerberg mengatakan bahwa ada beberapa bagian cerita dari film yang 'menyakitinya'."Wow, aku sudah tak memikirkan film itu selama beberapa waktu," katanya saat ditanya mengenai film yang dirilis pada 2010 itu.


"Aku seperti memblokirnya. Itu adalah pengalaman yang menarik untuk menonton film yang seharusnya tentang hidupku," katanya seraya menambahkan, "Ya, seharusnya."


'The Social Network' yang dibintangi Jesse Eisenberg sebagai Zuckerberg menghasilkan pendapatan US$ 225 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun di seluruh dunia. Menurut Zuckerberg, perjuangannya mendirikan Facebook tidak cukup menarik untuk dibuatkan film.


Jika "The Social Network' mengangkat cerita dari kisah nyata, maka film pemenang Oscar itu akan membosankan. "Jadi bisa kalian bayangkan ada banyak hal yang mungkin mereka tambahkan," kata inventor berusia 30 tahun itu.


"Jika mereka benar-benar membuat film (tentang diriku) makan adegannya hanya aku duduk di depan komputer mengerjakan coding selama dua jam penuh, yang mana tidak akan terlalu bagus untuk film, dan orang-orang ini, menurutku, ingin memenangkan penghargaan dan menjual tiket," lanjutnya.


Zuckerberg juga memberikan catatan pada beberapa detail dalam film, termasuk desain kantor Facebook yang menurutnya cukup benar dalam konteks plot. "Mereka seperti mengarang sesuatu yang menyakitiku," ujar Zuckerberg tentang sisi kehidupan cintanya. Zuckerberg menilai gambaran cerita film menyimpulkan bahwa ia membuat Facebook untuk menarik perhatian wanita setelah patah hati.


"Bagian penting dalam konteks tersebut adalah, wanita yang aku nikahi, yang aku pacari selama lebih dari 10 tahun, dan aku kenal lebih dari 10 tahun, sejujurnya aku kencan dengannya sebelum aku mulai mengerjakan Facebook," jelas Zuckerberg menyebut Priscilla Chan yang ia nikahi pada 2010 lalu.


"Jika aku mencoba mendirikan Facebook untuk mendapatkan wanita, maka hubunganku tak akan berjalan lancar, dan mungkin pernikahanku tidak bertahan hingga hari ini," katanya lagi.


(ich/fyk)