Berita Kematian Smartphone Nokia Menggema

Jakarta - Sudah resmi sekarang. Microsoft tidak lagi menggunakan nama Nokia di merek smartphone produksinya. Berita kematian smartphone Nokia pun menggema.

Ya, hanya beberapa saat sesudah memiliki Nokia, Microsoft justru mematikan nama legendaris itu dengan keluarnya Lumia 535, Windows Phone harga murah. Tidak ada sebutan nama Nokia sama sekali di smartphone ini.


Beberapa media pun ramai menurunkan laporan 'kematian' Nokia di pasar smartphone tersebut. 'Nokia Phones Are Dead' demikian judul lugas dari Business Insider mengenai berakhirnya era Nokia itu.


'Microsoft Bins Nokia Name With New Smartphone' tulis media asal Inggris The Guardian. 'Microsoft telah menandai berakhrinya sebuah era di dunia smartphone dengan meluncurkan handset Lumia pertama tanpa branding Nokia,' tulis Guardian.


'Microsoft Leaves Nokia Behind With The Latest Lumia Phone' begitu berita dari Fox yang berbasis di Amerika Serikat. 'Microsoft's Lumia 535 Is The First To Dicth The Nokia Name' tulis media teknologi berpengaruh Mashable.


Nama Nokia memang tak sepenuhnya punah karena Microsoft masih akan memakainya di feature phone. Tapi tetap saja lenyapnya nama merek asal Finlandia itu di industri smartphone cukup banyak disesali, mengingat kejayaan mereka yang sepertinya belum lama berselang.


Microsoft mengakuisisi divisi mobile Nokia dengan mahar di kisaran USD 7 miliar yang prosesnya selesai pada April 2014. Ternyata tidak butuh waktu lama bagi mereka meninggalkan nama Nokia terkait berbagai pertimbangan bisnis.


Näkemiin, smartphone Nokia!


(fyk/tyo)