Ultah ke-10, Firefox Rilis Browser Oprekan

Jakarta - Firefox genap berusia 10 tahun pada 10 November tahun ini. Untuk merayakannya, Mozilla merilis sejumlah proyek baru, salah satunya menghadirkan Firefox Developer Edition yang bisa untuk dioprek.

Ini adalah versi baru Firefox yang menempatkan tool developer browser di depan dan tengah. Namun jangan harap ini sebagai browser baru yang revolusioner. Karena diperuntukkan bagi developer, browser ini sepertinya memang disajikan untuk dioprek para pengembang aplikasi.


"Diperuntukkan bagi developer browser artinya bisa disesuaikan dengan pengalaman browsing seperti yang dilakukan para developer setiap harinya," kata Director of Developer Tools Mozilla Dave Camp seperti detikINET kutip Tech Crunch, Selasa (11/10/2014).


Pada dasarnya, ini adalah Firefox dengan tema dark dan square tab baru, termasuk semua tool developer Mozilla yang sebelumnya hanya tersedia sebagai add-ons, antara lain Firefox Tools Adapter untuk mengidentifikasi bug di Chrome di Android dan Safari di iOS.


Ada juga WebIDE untuk mengembangkan aplikasi web di browser dan menjadi cara mudah untuk mendapatkan tool developer secara default yang sudah termasuk dalam browser.


(rns/rou)