Selain Untung Besar, Acer Juga Paling Responsif

Jakarta - Acer yang baru saja membukukan keuntungan USD 21,38 juta di kuartal ketiga 2014 bisa semakin sumringah setelah meraih The Most Socially Devoted Brand on Facebook Worldwide, untuk kategori industri elektronik.

Terpilihnya Acer Indonesia pada penelitian yang dilakukan Socialbakers.com tersebut merupakan pengakuan atas kualitas layanan perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut kepada pelanggannya di media sosial.


Dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (11/11/2014), Acer Indonesia dalam penelitian itu berhasil mempertahankan posisi teratasnya di tingkat internasional sejak kuartal kedua 2012 lalu.


Pada kuartal ketiga 2014 ini untuk kategori elektronik, akun Facebook Acer Indonesia kembali berhasil meraih peringkat pertama sebagai akun brand elektronik yang paling tanggap dengan pencapaian response rate hingga 98,85% dan dengan response time tercepat di 17 menit.


Response rate menunjukan tingkat persentase tanggapan Facebook Acer Indonesia dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pelanggan melalui Facebook. Dengan response rate mencapai 98,85%, menunjukan bahwa Acer Indonesia menjawab hampir seluruh pertanyaan yang dilontarkan.


Sedangkan untuk response time, Facebook Acer Indonesia merupakan yang tercepat dengan kecepatan tanggapan rata-rata mencapai 17 menit pada setiap pertanyaannya. Response time akun Facebook Acer Indonesia pun lebih cepat hampir 10 kali lipat bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya.


"Kami bangga bisa mempertahankan posisi teratas ini selama dua tahun berturut-turut di tingkat internasional, hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling utama dan mutlak," ujar Presiden Direktur Acer Indonesia Herbet Ang.


Menurutnya, membina komunikasi dua arah antara brand dengan pelanggannya sesuatu yang penting. "Sebuah brand dituntut untuk dapat dengan cepat menanggapi setiap keluh kesah, maupun pertanyaan dari pelanggannya. Respons yang cepat dan tepat diyakini akan sangat membantu dalam mempertahankan loyalitas sekaligus meningkatkan excellent experience bagi pelanggan," katanya.


Acar yang membukukan keuntungan USD 21,38 juta di kuartal ketiga tahun ini ditopang dari total pendapatan sebesar USD 2,8 miliar. Meski turun 7% dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi dari kuartal sebelumnya meningkat 5,3%.


Menurut International Data Corporation (IDC) untuk data PC di seluruh dunia, pengiriman Acer naik 13,3% dari tahun-ke-tahun dibandingkan penurunan 0,5% untuk sektor global. Acer mengharapkan pertumbuhan yang stabil guna melanjutkan ke kuartal keempat. (rou/rou)