Toko Fisik Xiaomi di Indonesia Pertama di Dunia?

Jakarta - Xiaomi termasuk salah satu pelopor penjualan ponsel hanya di jalur online. Artinya, produk mereka hanya bisa dibeli melalui internet. Sehingga penjualan ponsel Xiaomi melalui toko fisik di Indonesia disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia.

Tapi anggapan itu tak benar sepenuhnya. Xiaomi ternyata belum lama ini membuka toko fisik di Hong Kong bekerja sama dengan operator setempat. Namun memang nyaris semua penjualan ponsel Xiaomi terjadi di dunia maya dan toko fisiknya begitu langka.


Di China yang menjadi negara asalnya, Xiaomi memiliki toko online sendiri dan juga bekerja sama dengan website e-commerce lain untuk menjual gadgetnya. Dikatakan bahwa Xiaomi tidak memiliki toko fisik sendiri.


"Xiaomi tidak memiliki jaringan toko fisik sendiri. Mereka menjual smartphone langsung pada konsumen melalui e-commerce. Mereka punya toko online sendiri dan juga menjual barang di Tmall.Com, salah satu toko retail online terbesar di China," tulis Michael Kan dari IGD News Service.


Ketika berekspansi di mancanegara, metode yang sama pun diterapkan. Di India, Xiaomi menggandeng toko online setempat, Flipkart. Di sana pun, Xiaomi sukses dengan strateginya itu dan ponsel jualannya selalu habis dalam waktu singkat.


"Semua penjualan di India dilakukan eksklusif secara online, di mana semua ponsel Xiaomi itu dijual melalui Flipkart," tulis Firstbiz.


Demikian juga dengan negara lain yang sudah dimasuki Xiaomi seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia, semuanya menggunakan metode berjualan di dunia maya. Sedangkan di Indonesia seperti diketahui, Xiaomi menggandeng Lazada.Next


(fyk/ash)