4G di 1.800 MHz Masih Harus Bersabar

Jakarta - Layanan 4G LTE baru direstui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk berjalan di spektrum 900 MHz. Setelah itu baru di spektrum yang lain.

"Kita memang push dahulu di 900 MHz. Baru kemudian di 1.800 MHz dan siap-siap juga operator di 2,1 GHz. Yang 2,3 GHz kan sudah punya yang lain, sambil kita bangun dulu itu ekosistemnya," ungkap Menkominfo Rudiantara, di sela peluncuran komersialisasi Telkomsel 4G LTE, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (8/12/2014).


Rudiantara memang sengaja mendorong agar izin komersial ini diberikan akhir tahun 2014 ini dengan sejumlah catatan. Termasuk bukan menjadi ajang gagah-gagahan bagi operator untuk gimmick marketing.


"Ini jangan jadi dulu-duluan siapa yang menggelar LTE ini. Namun lebih bagaimana menjadi tanggung jawab bagi operator untuk memberikan layanan setelahnya kepada pelanggan," tegasnya.


Rudiantara juga menjanjikan akan segera merilis izin menggelar 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz sesegera mungkin.


"Nanti kita minta teman-teman untuk merilis pemanfaatan di 1.800 MHz tadi. Ya, saya perkirakan di kuartal pertama tahun 2015," janjinya.


Setelah semua tuntas, termasuk di gelaran 2,1 GHz, Rudiantara berharap agar 4G bisa memberikan dampak postif yang luas bagi masyarakat. Apalagi ini sejalan dengan program pemerintah menuju broadband plan hingga tahun 2019.Next


(tyo/ash)