Penyebar Foto Palsu Ketua KPK Mudah Dilacak!

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad diserang lewat foto mesra hasil editing dengan wanita yang mirip Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Wirayanti.

Menurut Ruby Alamsyah, pakar forensik digital, jika ada kemauan dari pihak berwajib, melacak pelaku utama di balik foto palsu tersebut dapat dilakukan dengan mudah.


Rubi menjelaskan, pelacakan tersebut memang butuh proses. Termasuk untuk memastikan bahwa foto yang beredar di internet tersebut asli atau tidak.


"Kalau kita mau jujur, foto ini asli atau tidak tak bisa cuma melihat dan menganalisa dari data beredar ada di internet. Ini belum bisa dipertanggungjawabkan jika tidak ada sumber aslinya," ungkapnya kepada detikINET, Selasa (14/1/2015).


Sebab untuk foto Ketua KPK yang beredar di internet itu sudah ada penggabungan foto. Jadi secara gamblang pun orang awam sudah bisa menyebut itu merupakan hasil editing. "Karena kolase (penggabungan foto-red.) itu kan proses editing, karena sudah digabung. Jadi gak perlu ahli untuk memastikan itu," Ruby menerangkan.


Namun jika ingin berpikir lebih jauh yakni untuk melacak siapa pelaku utama di balik penyebaran foto tersebut, Ruby menegaskan hal itu bisa dilakukan dengan mudah.


Caranya? Pertama, foto palsu Ketua KPK tersebut diketahui disebarkan pelaku dengan mengirimkannya lewat email yang beralamat di wijayantiandini@yahoo.co.id ke media massa. Nah, dari sini bisa dilacak alamat IP dari pengirim email tersebut. Next


(ash/fyk)