Samsung Z1, Smartphone Tizen Harga Rp 1 Jutaan

Jakarta - Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Samsung merilis smartphone pertamanya yang diperkuat dengan Tizen, sistem operasi yang dibuat sendiri oleh raksasa elektronik asal Korea Selatan itu. Ponsel bernama Samsung Z1 ini dihadirkan pertama kali di India.

Menyasar pasar smartphone low end, Samsung Z1 ini dibekali prosesor dual core 1,2 GHz, RAM seluas 768 MB, ruang penyimpanan 4 GB yang dapat ditambah dengan slot microSD up to 64 GB, kamera belakang 3,1 MP, serta baterai berkapasitas 1.500 mAh.


Bentang layarnya seluas 4 inch dengan resolusi 800 x 480 pixels. Meski spesifikasinya tak istimewa, yang membuat ponsel ini jadi sorotan adalah ia menjadi yang pertama memakai OS Tizen. Tizen digadang-gadang dapat mengurangi ketergantungan Samsung pada OS Android.


"Pasar smartphone di India tumbuh sangat pesat, dengan banyak konsumen yang menggunakan perangkat mereka sebagai alat untuk menonton video, program televisi, dan bermain game," ujar Hyn Chil Hong, Presiden dan CEO Samsung India Electronics, dikutip detikINET dari India Today, Rabu (14/1/2015).


Walau menggunakan Tizen, tapi Samsung tetap menggunakan user interface yang sama, yakni Touchwiz sehingga tampilannya mirip dengan ponsel Android miliknya. Begitu pula desain bodinya, tak begitu jauh dari tampilan Samsung Galaxy.


Di India, Samsung Z1 dibanderol senilai Rs 5.700 atau sekitar Rp 1,1 jutaan. Belum ada informasi apakah handset tersebut juga akan menyambangi negara lainnya.


(fyk/fyk)