Nikon J5 Si Kecil Jago Ngebut

Jakarta - Saat mendengar merek kamera Nikon, yang terbayang adalah kamera DSLR, tapi Nikon juga memiliki sistem kamera mirrorless yang dinamakan Nikon 1.

Awal April 2015, Nikon mengumumkan kamera mirroless baru yang dinamakan Nikon J5. Dinamakan demikian karena kamera ini adalah penerus 4 kamera seri J sebelumnya yang ditujukan kepada fotografer pemula/casual shooter. Kamera ini sangat ringkas dan ringan, beratnya hanya 265 gram.


Secara desain, Nikon J5 cukup berbeda dengan kamera Nikon 1 lainnya yang bentuknya modern-minimalis. Desain Nikon J5 lebih bergaya retro seperti kamera film jaman dulu.


Meski berukuran kecil dan harganya tidak begitu tinggi (USD 500 dengan lensa), spesifikasi Nikon J5 tergolong canggih. Saat ini, Nikon J5 memiliki sensor beresolusi 20,8 MP, tanpa filter AA untuk ketajaman foto yang lebih baik. Sensor ini memiliki teknologi BSI (back side illumination sensor) sehingga kualitas di kondisi gelap masih cukup bagus. Rentang ISO juga cukup luas yaitu dari ISO 160-12.800.


Keunggulan utama dari Nikon J5 dan kamera-kamera Nikon 1 lainnya adalah kecepatan autofokus dan foto berturut-turut yang sangat ngebut. Nikon 1 mengunakan sensor berukuran 1 inch, lebih kecil daripada kamera DSLR/mirrorless pada umumnya. Di dalam sensor ini tersemat teknologi hybrid autofokus yang sangat cepat.


Prosesor kamera yang dipasangkan juga kinerjanya tinggi sehingga dapat memproses data dengan cepat, memungkinkan pengguna memotret dengan kecepatan sangat tinggi yaitu 20 foto per detik dengan fungsi autofokus yang tetap mengikuti subjek.


Next


(ash/ash)