6 Tips Jitu Hunting Foto Kampanye Parpol

Jakarta - Musim kampanye partai politik telah digelar hingga beberapa pekan ke depan. Momen tersebut tidak hanya menarik secara politik melainkan sangat atraktif secara visual.

Dari ekpresi simpatisan, warna-warni atribut kampanye, properti yang unik hingga jumlah massa kolosal membuat semuanya sudah terlihat menarik secara alamiah.


Namun bukan berarti tinggal mengarahkan lensa dan memencet shutter, kemudian dihasilkan foto yang memuaskan. Tetap saja ada kaidah-kaidah umum fotografi maupun kemampuan teknis yang menjadi pegangan. Sehingga hasil foto tidak hanya merekam kenyataan, melainkan mampu menciptakan kenyataan baru di selembar foto.


1. Survei 'medan perang'.


Saat tiba di lokasi kampanye, langsung melakukan observasi singkat. Terutama memperhatikan tata panggung dan posisi audiens (peserta kampanye). Dengan berfikir cepat, fotografer bisa menentukan sejumlah spot terbaik untuk memotret.


Termasuk akses ke spot tersebut, apakah ada izin khusus ataukah all access. Juga pergerakan antar spot supaya mampu merekam momen sebaik mungkin.


2. Kampanye indoor vs outdoor.Next


(Ari/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!