Misi Pencarian Malaysia Airlines Oleh Netter di Depan Komputer

Jakarta - Misteri hilangnya Malaysia Airlines (MAS) MH370 memicu banyak perhatian dunia internasional. Banyak negara mengulurkan bantuannya untuk membantu pencarian ini, termasuk solidaritas dari pengguna internet.

Pengguna internet ini memang tak turun langsung melakukan pencarian. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer, berusaha melakukan pencarian melalui pencitraan satelit lalu sambil berharap adanya keajaiban.


Netter ini bisa melakukan pelacakan sendiri melalui situs Tomnod yang memang sengaja meng-upload foto citra satelit pada seluas 1.600 kilometer pada hari di mana pesawat tersebut kehilangan kontak.


Hasilnya memang mengejutkan, mulai dari orang awam sampai ahli IT berbondong-bondong mendaftarkan diri di situs Tomnod ini untuk membantu menemukan nasib lebih dari 239 penumpang dan awaknya.


Kesungguhan mereka dalam mencari pesawat dengan kemampuannya patut diancungi jempol. Lihat saja Mike Seberger seorang manajer IT asal Chicago, Amerika Serikat, yang rela menyisihkan waktu luangnya untuk melakukan pencarian.


Melalui situs Tomnod itu, dia mengira dirinya berhasil menangkap foto satelit resolusi tinggi yang menunjukkan benda mirip pesawat di Teluk Thailand.


Seberger menerangkan, dirinya membutuhkan waktu beberapa menit setelah login pada situs Tomnod untuk menemukan foto citra satelit tersebut. Dimensi citra satelit tersebut dinilai konsisten dengan bentuk badan sebuah Boeing 777 yang merupakan jenis pesawat MAS yang hilang.


"Awalnya, saya hanya melewatinya, saya berpikir 'Tidak. Tidak mungkin saya bisa menemukan sesuatu secepat itu. Tapi saya menelusuri kembali dan tercetus dalam diri saya, 'Bentuknya menyerupai sebuah pesawat.'" ucap Seberger.Next


(tyo/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!