Ini Wujud Markas Spektakuler Apple

Jakarta - Dengan status sebagai raksasa di jagat teknologi, Apple tak ingin punya kantor yang biasa-biasa saja. Pembesut iPhone ini punya ambisi tinggi akan markas besarnya yang spektakuler.

"Gedung kantor terbaik di dunia," itulah tujuan Apple membangun Campus 2, markas barunya di Cupertino, Amerika Serikat.


Pembangunan markas ini pun sudah direncanakan sejak Steve Jobs masih hidup, yakni pada tahun 2009. Dan sang legenda Apple itu turut terjun mempersiapkannya.


"Hal penting yang pernah dibilang Steve (Jobs) kepada saya adalah, 'Norman tolong jangan anggap saya sebagai klien, tetapi anggap saya sebagai bagian dari tim Anda'," cerita Norman Foster, arsitek dari Foster + Partners, pihak yang berada di balik desain Apple Campus 2.


Hal spektakuler ingin direalisasikan Apple dari berbagai sisi. Pertama adalah dari segi ukuran yang diharapkan dapat menjadi 'rumah' bagi lebih dari 10 ribu karyawan.


Sementara desainnya yang tidak seperti kantor pada umumnya, dianggap anggota kongres mirip kapal luar angkasa yang mendarat di wilayah Cupertino.


Dari sisi teknologi, Apple Campus 2 juga bakal dilengkapi dengan teknologi terkini yang bisa diperbaharui untuk operasionalnya sehari-hari, termasuk keberadaan panel tenaga surya terbesar di dunia. Next


(ash/fyk)