7 Kasus Pencurian Foto yang Sampai ke Meja Hijau

Jakarta - Di dalam negeri, pencurian foto atau menggunakan foto tanpa izin fotografer, jarang yang masuk hingga pengadilan. Tetapi di luar negeri, urusan hak cipta ini bisa menjadi hal serius.

Berikut 8 kasus soal hak cipta fotografi yang sampai ke meja hijau dan berakhir dengan denda atau hukuman hingga jutaan dolar seperti dilansir dari website fotografi photoshelter (29/10/2014).


1. Andrew Paul Leonard melawan Perusahaan Stemtech Health Science


Fotografer spesialis foto-foto mikro Andrew Paul Leonard memotret sel induk di sumsum tulang belakang manes pada tahun 1995. Beberapa tahun kemudian, foto-foto tersebut digunakan oleh Stemtech tanpa izin khusus dari Paul Leonard untuk kepentingan pemasaran dan website perusahaan tersebut.


Paul Leonard lalu membawa perusahaan kesehatan itu ke pengadilan. Hasilnya, pada tahun 2008, pengadilan memutuskan Stemtech bersalah. Stemtech diminta membayar kompensasi hingga $1,6 juta kepada Paul Leonard.


2. Nussenzweig melawan DiCorcia


Kasus ini cukup unik. Yakni saat fotografer Philip-Lorca DiCorcia memotret komunitas Yahudi Hasidik di jalanan umum di New York. Salah satu jepretan DiCorcia yakni memotret salah seorang anggota Yahudi Hasidik yang melintas bernama Ermo Nussenweig bergaya portrait. Next


(Ari/fyk)