Jika Terus Foya-foya, Kapan Harta Bill Gates Habis?

Jakarta - Saking kayanya, harta Bill Gates mungkin tidak akan habis sampai tujuh turunan. Sebuah penelitian terbaru menegaskan hal itu,bahwa seandainya pun Gates hidup begitu boros, kekayaan sang pendiri Microsoft baru akan habis dalam jangka waktu ratusan tahun.

Lembaga kemanusiaan Oxfam menyebutkan bahwa harta Bill Gates saat ini di kisaran USD 79 miliar. Jika Gates berfoya-foya dengan menghabiskan uang USD 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar tiap hari, ia baru akan kehabisan uang 218 tahun lagi.


Padahal menghabiskan Rp 12 miliar sehari saja sudah begitu berlebihan. Dengan uang sejumlah itu, Gates bisa saja membeli rumah berikut mobil super mewah setiap hari tanpa takut menjadi miskin.


Laporan Oxfam tersebut sebenarnya menyoroti soal kesenjangan kesejahteraan yang semakin menjadi-jadi. Orang kaya tambah kaya, yang miskin tetap miskin. Saat ini menurut Oxfam, terdapat 1.645 orang super kaya di dunia dengan harta miliaran dolar, termasuk Bill Gates.


Masih menurut Oxfam yang dikutip detikINET dari Guardian, Minggu (2/11/2014), harta yang dimiliki oleh 85 orang terkaya di dunia sama jumlahnya dengan total harta yang dimiliki separuh orang miskin di planet ini.


Bill Gates sendiri terkenal sebagai dermawan. Ia memiliki yayasan kemanusiaan Bill & Melinda Gates Foundation yang konon adalah lembaga kemanusiaan terbesar di dunia. Tapi tetap saja berapapun yang ia sumbangkan, uang Gates seakan tiada habisnya.

(fyk/rns)