Ketika 'The Big Three' Berebut Sambut 4G

http://us.images.detik.com/content/2014/10/29/328/152146_4gra46.jpgMenkominfo Rudiantara di trial 4G LTE XL (dok. xl)


Jakarta - Setelah era 3G, 4G LTE menjadi mainan seksi operator seluler berikutnya. Fenomena yang terjadi pun mirip, sama-sama adu cepat mengklaim sebagai yang pertama.

Menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan 3G, 4G atau yang lainnya memang menjadi prestis tersendiri bagi operator tiga besar ini.


Para pemain di ranah 'The Big Three' -- Telkomsel, XL dan Indosat -- tentu tak akan rela begitu saja ketika ada pihak yang mengklaim sudah menjadi yang pertama mengimplementasikan 4G.


Merasa iri? Bisa jadi, namanya persaingan. Selama itu menjadi cambuk positif bagi mereka untuk berkompetisi, sepertinya sah-sah saja. Namun kembali harus digarisbawahi, ini bukan ajang saling menjatuhkan melainkan beradu layanan.


Kembali ke soal 4G, baik Telkomsel, XL dan Indosat sejatinya sudah dari jauh-jauh hari melakukan uji jaringan telekomunikasi generasi keempat ini.


Adrian Prasanto, Head of Corporate Communication Indosat mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan trial 4G sejak tahun 2010. Jadi ketika ia mendengar ada operator lain yang melakukan hal serupa di tahun 2014, ia tak lagi terlalu kaget.


"Ah, kita sudah dari jauh hari melakukannya," mungkin begitu pikirnya.Next


(ash/fyk)