Nintendo Bikin Alat Pemantau Tidur

Jakarta - Tak hanya bermain di industri game, Nintendo juga dikabarkan tengah mendalami bisnis alat kesehatan. Baru-baru ini Nintendo menguak rincian alat kesehatan pertamanya yang diberi nama QOL platform.

QOL yang merupakan singkatan dari 'Quaity of Life' adalah sebuah alat sensor yang dapat memonitor dan menganalisa Anda ketika tidur.


Dalam presentasinya, Nintendo mendeskripsikan QOL memiliki lima fitur 'non sensing' dan tidak perlu dipakai di tubuh, tanpa dioperasikan secara manual, tanpa menunggu, dan tanpa instalasi. Intinya adalah, perangkat ini dirancang untuk dapat bekerja sesuai kehendaknya, tanpa perlu banyak setelan.


Dikutip detikINET dari Polygon, Jumat (31/10/2014), perangkat QOL dirancang untuk memonitor pengguna selama tidur. Dengan menggunakan gelombang radio, perangkat ini akan membaca pergerakan pengguna, detak jantung, pernafasan serta tingkat kelelahan, dan mengirim data tesebut ke server untuk dianalisa.


Sistem QOL juga akan tersambung ke perangkat pintar dan konsol game semacam Nintendo Wii U dan 3DS melalui cloud. Berbagai layanan yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, melalui diet dan latihan sebagai contoh, nantinya akan menjadi bagian dari sistem QOL.


Di awal tahun lalu, Presiden Nintendo, Satoru Iwata sempat mengumumkan jika perusahaannya berencana untuk memperluas bisnis ke pasar kesehatan awal tahun depan, dengan harapan ini dapat meningkatkan kualitas hidup melalui hiburan.


"Mendefinisikan bisnis hiburan baru yang bertujuan untuk meningkatkan (kualitas hidup) menciptakan berbagai kemungkinan untuk masa depan, seperti 'belajar' dan 'gaya hidup. Namun, niat kami untuk menangani kesehatan adalah langkah awal kami," ujar Iwata ketika itu.


Dalam penggarapannya, Nintendo bekerjasama dengan ResMed, perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang produksi peralatan medis.


(ash/ash)