Keuangan Memburuk, Sony Mobile Ganti CEO

Jakarta - Persaingan yang panas membuat Sony belakangan merugi di industri smartphone. Sony pun melancarkan langkah taktis dengan mengganti Presiden & CEO Sony Mobile Communications. Serah terima jabatan akan jatuh pada tanggal 16 November 2014.

Posisi yang saat ini dijabat Kunimasa Suzuki digantikan oleh CEO and SVP of Business Strategy Hiroki Totoki. Langkah itu diambil karena mengacu laporan keuangan Sony Mobile Communication bulan lalu, perusahaan memprediksi kerugian lebih dari USD 1,5 miliar sampai akhir tahun fiskal ini.


Dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (31/10/2014) kerugian yang besar tersebut membuat Sony harus memikirkan kembali rencana jangka menengah, yang mana menurut perusahaan, penyebab utama kerugian tersebut adalah penjualan yang tidak sesuai harapan.


Kunimasa Suzuki sudah menjabat sebagai Presiden Sony Mobile sejak bulan Mei 2012. Di waktu yang bersamaan, ia juga menjabat sebagai CEO dan EVP of Sony Corp, bertanggung jawab di segmen bisnis PC, bisnis mobile, Product Strategy, dan Creative Platform.


Penggantinya Hiroki Totoki sebelumnya adalah CEO and SVP of Business Strategy sejak Desember tahun lalu. Di bulan April 2014, ia juga bertanggung jawab soal Corporate Planning, New Business Creation Department, Business Design & Innovation Laboratory, dan juga menjabat Senior General Manager of Corporate Planning Department.


Mengacu dari laporan Reuters, Totoki ditarik dari perusahaan dalam satu grup Sony oleh Presiden Sony Corp, Kazuo Hirai. Menurut pertimbangan Hirai, Totoki merupakan salah satu karyawannya yang terpercaya sehingga ia diberi tanggung jawab memperbaiki kondisi Sony Mobile.


(fyk/fyk)