Jokowi Sang 'Presiden Media Sosial'

Jakarta - Tak lama lagi, Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia yang baru. Ini menjadi hari bersejarah bagi Indonesia, karena di pemilu tahun ini, media sosial mempunyai peranan besar bagi keduanya menuju istana.

Minggu lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg sampai datang menyambangi Jokowi dan terkesan dengan bagaimana cara mantan Gubernur Jakarta itu memanfaatkan layanannya untuk berinteraksi dengan pendukungnya.


Bila menengok ke belakang, Jokowi memang bukan hanya dirinya yang memanfaatkan Facebook untuk berinteraksi. Buktinya, saingannya, Prabowo Subianto juga melakukan hal yang serupa.


Lihat saja, saat keduanya melakukan deklarasi untuk maju menjadi presiden, Jokowi dari dua fans page yang diverifikasi Facebook, mantan Wali Kota Solo itu ada yang mendapatkan 1,4 juta dan 1.605 'jempol'.


Sementara mantan Danjen Kopassus itu mendapatkan mendapat 5,7 juta Like. Jumlah tersebut tentu saja keduanya terus merangkak naik dan naik, seiring semakin dekat dengan Pemilihan Presiden 9 Juli lalu.


Di Twitter, nama Jokowi pun tak kalah menghebohkan. Saat kemenangan Jokowi-JK diumumkan, Twitter menyebutkan fenomena kemenangan Jokowi (@jokowi_do2) juga ikut membahana di di seantero negeri 140 karakter tersebut.


Tercatat, Jokowi juga menang dalam pemilu di Twitter, dengan menjadi topik utama terkait pemilu terbanyak di Twitter dengan jumlah 22% dari total tweet yang ada serta memiliki lebih dari 1,8 juta pengikut -- meningkat 86% atau 850.000 pengikut terhitung sejak awal tahun ini.Next


(tyo/tyo)