iPod Bisa Jadi 'Tumbal' Apple Watch

Jakarta - Dihentikannya produksi dan penjualan iPod Classic, kabarnya demi memuluskan kehadiran Apple Watch yang rencananya melenggang di pasaran paling cepat akhir kuartal pertama 2015 ini.

Seperti detikINET kutip 9to5Mac, Senin (12/1/2015), penghentian produksi dan penjualan ini melihat siklus yang pernah beberapa kali terjadi sebelumnya di saat Apple tengah mempersiapkan lini produk baru.


Misalnya, Apple pernah membatasi dan menghentikan pasokan MacBook dan menghentikan penjualannya pada Juni 2011 lalu. Tidak lama setelah itu, MacBook Air dan MacBook Pro baru pun meluncur.


Hal ini pun terjadi pada iPod Classic. Setelah Apple Watch diperkenalkan pada September 2014, iPod Classic tiba-tiba menghilang dari toko online resmi milik Apple, dan kemudian dihentikan pasokannya.


Dan yang terbaru, persediaan iPod Shuffle juga sedang mengalami penyusutan. Pihak Apple telah memberi informasi kepada para pegawai tokonya bahwa persediaan iPod Shuffle akan menipis dalam beberapa waktu ke depan dan tidak memberi tahu lebih lanjut kapan akan kembali memenuhi stok.


Menyusutnya persediaan iPod Shuffle bisa berarti dua hal. Pertama, akan ada versi baru dari produk tersebut meluncur dan kedua, Apple akan memensiunkannya atau dalam kata lain menghentikan produksi dan penjualannya.


Mengingat fakta bahwa Apple Watch akan memasuki pasar tahun ini, maka tidak menutup kemungkinan bagi Apple untuk menghentikan produksi dan penjualan iPod Shuffle dalam waktu dekat.


(rou/tyo)