Ketika Situs Lokal Digugat Goliath

Jakarta - Sengketa nama domain internet kembali terjadi. Kasusnya pun mirip, bak kisah David versus Goliath, pemilik domain lokal dihadapkan pada ancaman gugatan perusahaan raksasa dunia.

Kasus yang paling baru menjerat arek Surobayo bernama Benny Muliawan. Ia disomasi perusahaan otomotif dari Jerman, Bayerische Motoren Werke AG (BMW) terkait sengketa penggunaan nama domain internet.


Benny yang biasa disapa dengan inisial namanya, BMw, mendapat surat somasi yang dikirimkan oleh kuasa hukum BMW di Indonesia, Suryomurcito & Co, melalui email berisi gugatan atas penggunaan domain BMw.id.


Dalam surat somasi tersebut, ada empat poin yang ditolak Benny yakni, Pertama, menghentikan dan menghapus domain milik BMw.id. Kedua mengalihkan nama domain BMw.id ke perusahaan raksasa otomotif dari Jerman itu.


Ketiga yakni memberikan pernyatan bahwa Benny tidak boleh melakukan pelanggaran. Keempat, membuat surat pernyataan dibawah materai Rp 6 ribu. "Saya nggak mau, wong kita nggak pernah melakukan pelanggaran," cetusnya.


Kasus nama domain internet yang mirip punya perusahaan besar dan kemudian disomasi untuk segera diganti, bukan kali ini saja terjadi. Jika kini muncul kasus yang menyeret BMW.id. Sebelumnya menjerat situs bernama KuduNyahoo dan Sony AK.


Di kasus KuduNyahoo, Yahoo! lewat kuasa hukumnya Hadiputranto, Hadinoto & Partners (HHP), mensomasi situs lokal ini untuk segera mengganti namanya beserta menghilangkan berbagai materi promosi yang dianggap berbau 'Yahoo' di situs yang memberi informasi seputar kuliner, wisata, dan lainnya tersebut.Next


(ash/fyk)