Malaysia Airlines Angkat Bicara Soal Serangan Dedemit Maya

Jakarta - Pihak Malaysia Airlines (MAS) akhirnya angkat bicara soal peretasan situsnya. Dalam sebuah posting di laman Facebooknya, MAS menyebut bahwa domain name system (DNS) mereka yang diserang oleh dedemit maya.

Melalui DNS itulah si peretas bisa mengalihkan para pengakses ke situs lain. Selain itu MAS juga menyebut bahwa server web mereka tak tersentuh oleh si peretas. Dan menjamin keamanan data-data pengguna.


Perihal keamanan data pengguna ini juga ditegaskan oleh pihak MAS melalui akun Twitter. Dalam kicauan lain, MAS juga memberikan sebuah situs alternatif bagi para penggunanya layanannya yang ingin melakukan check- in tiket penerbangan.


Selain melaporkan masalah ini ke CyberSecurity Malaysia, dan Kementerian Transportasi Malaysia, pihak MAS sudah bekerja sama dengan penyedia layanan untuk menyembuhkan layanannya.


"Kami telah menyelesaikan masalah ini dengan penyedia layanan, dan sistemnya membutuhkan waktu 22 jam untuk bisa kembali beroperasi secara normal," tulis MAS dalam keterangannya di Facebook.


Sebelumnya dilaporkan bahwa situs Malaysia Airlines diretas oleh kelompok hacker bernama Lizard Squad. Dalam aksi ini, Lizard Squad men-deface situs milik maskapai penerbangan asal Malaysia tersebut dengan gambar kadal.


Dalam situs yang dipermak tertulis '404-Plane Not Found'. Sementara di bagian bawah terdapat tulisan 'Hacked by Lizard Squad', dengan latar belakang berwarna hitam.


(asj/ash)