Adu Keamanan Ponsel Jagoan, Mana Paling Rentan?

Jakarta - Keamanan adalah salah satu fitur ponsel yang terbilang penting bagi kebanyakan orang. Nah, antara Android, iOS dan Windows Phone, mana yang paling mudah diretas?

Hewlett Packard (HP) baru-baru ini mengadakan sebuah kontes bernama Mobile Pwn2Own yang diadakan di Tokyo, Jepang. Dalam kontes ini, HP mengundang sejumlah hacker untuk meretas ponsel-ponsel tertentu, dan memberikan hadiah untuk setiap lubang keamanan yang mereka temukan.


Ada 4 ponsel yang dijadikan kelinci percobaan dalam kontes tersebut, yaitu Galaxy S5, iPhone 5S, Nexus 5 dan Lumia 1520. Meski hasilnya bervariasi antar satu hacker dan hacker lainnya, namun secara garis besar iPhone 5S lah yang disebut-sebut sebagai ponsel paling mudah untuk diretas.


Itu karena seorang hacker berhasil membobol keamanan iPhone 5S hanya dengan menggunakan browser Safari. Setelah itu pun si hacker bisa mengakses data-data ponsel tersebut.


Sementara di ponsel yang lain, meski sama-sama berhasil 'masuk' ke dalam ponsel, tak banyak data yang bisa diakses oleh para hacker tersebut.


Seperti yang dilansir Business Insider, Senin (17/11/2014), kontes ini juga menyimpan kisah menarik tentang cara yang ditempuh hacker untuk bisa membobol keamanan ponsel.


Nexus 5 misalnya, yang berhasil dibobol menggunakan menggunakan Near Field Communication (NFC), yang akhirnya bisa memaksa ponsel tersebut untuk di-pair dengan ponsel lain menggunakan Bluetooth.


(asj/ash)