Evolusi Kerja Semakin Mobile

Jakarta - Dengan lebih dari tujuh miliar perangkat mobile di dunia saat ini, peningkatan jumlah perangkat yang terhubungkan akan berlipat 30 kali sebelum tahun 2020. Ini yang juga mendorong evolusi dalam bekerja.

Menurut Citrix, Internet of Things (IoT) menyatukan perangkat dan teknologi, dan evolusi dari perangkat wearable hanyalah permulaannya. Bukan hanya teknologi yang berubah, cara kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari juga terus berubah.


Lingkungan kerja semakin tech-savvy dengan penetrasi mobile di seluruh dunia yang diharapkan akan meningkat dari 61,1% tahun 2013 menjadi 69,4% tahun 2017.


"Kenyamanan dan keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh teknologi menghasilkan tenaga kerja yang menuntut fleksibilitas yang lebih besar saat bekerja," ujar Mark Micallef, Area Vice President Citrix ASEAN, dalam keterangannya, Minggu (16/11/2014).


Dengan adanya teknlogi, bekerja tidak lagi didefinisikan oleh tolak ukur tradisional seperti hari kerja, jam kerja atau bahkan lokasi tempat kerja.


"Nilai dari teknologi hampir tak berarti, kecuali diukur dari manfaat yang dibawanya bagi masyarakat. Kemajuan dan inovasi teknologi mendorong masa depan kerja menjadi kerja yang berdasarkan pengetahuan, tidak terikat oleh lokasi fisik, dan di mana kolaborasi didahulukan," tandas Micallef.


(tyo/tyo)