Samsung Gear VR Dijual Desember, Harganya?

Jakarta - Tak lama headset Virtual Reality (VR) besutan Samsung dengan Oculus akan segera dijual. Bulan Desember dipilih sebagai waktu yang tepat untuk untuk merilis Samsung Gear VR ini ke publik.

Samsung Gear VR yang dijual ini merupakan Innovator Edition sejauh ini baru diketahui bisa didapatkan untuk kawasan Amerika Serikat (AS) saja. Soal harga, Samsung menyiapkan dua versi.


Versi pertama dibundling dengan Bluetooth Gamepad dibanderol seharga USD 249 atau setara Rp 2,6 juta. Bila ingin hanya membeli Gear VR saja juga boleh dengan harga yang mesti ditebus USD 199 atau setara Rp 2,2 juta. Demikian dilansir Gizmodo Minggu (16/11/2014).


"Innovator Edition, seperti Oculus Rift Development Kit, yang ditujukan untuk developer dan entusiasts, serta siapapun yang ingin membangun dan mengembangkan platform hardware dan software sebelum siap untuk konsumen," tulis pihak Oculus.


"Ada beberapa aplikasi juga untuk Gear VR yang siap ditaruh dalam beberapa bulan ke depan," katanya lagi.


Konsep Galaxy VR ini sendiri hampir mirip dengan yang ditawarkan Google lewat proyek Cardboard. Namun bedanya, Cardboard dijual dengan harga yang sangat murah -- bahkan bisa dibuat sendiri, dan kompatibel dengan banyak perangkat. Sementara Galaxy VR hanya kompatibel dengan Galaxy Note 4.


Kendati sudah masuk ke Indonesia, sayangnya, Indonesia belum tentu masuk ke dalam negara-negara yang dibidik untuk pemasarannya.


(tyo/tyo)