Rental DVD di Amerika Tak Ada Penjaganya

Los Angeles - Di Indonesia, persewaan DVD film atau game semuanya dilakukan melalui bangunan fisik, lengkap dengan penjaga yang siap melayani. Beda dengan di Amerika Serikat (AS), rental DVD ada yang berupa mesin dan tidak dijaga.

Ya, bisnis persewaan DVD serba otomatis itu dicetuskan perusahaan bernama RedBox. RedBox yang didirikan tahun 2002 ini membuat mesin persewaan DVD dengan warna khas merah dan jumlahnya sudah puluhan ribu di seluruh Amerika Serikat.


Mesin RedBox diletakkan di lokasi-lokasi strategis seperti di dalam supermarket, seperti yang penulis lihat di Los Angeles. Menurut data tahun 2012, sudah ada sekitar 42 ribu kios RedBox di seluruh AS.


Praktis memang. Untuk menyewa disk film atau game terbaru, tinggal pilih di layar sentuh mesin RedBox sesuai keinginan. Kemudian bayar dengan kartu kredit dan DVD yang diinginkan pun keluar dari mesin.


Oh ya, biaya sewa sekitar USD 1 per hari. Penyewa harus mengembalikan pada hari berikutnya dengan dimasukkan kembali ke dalam mesin RedBox.


Kalau telat, siap siap saja kena denda. Demikian juga jika disc rusak, pengguna akan mendapat tagihan untuk menggantinya.


Menurut Sarah, karyawan supermarket yang menyediakan Redbox, mesin itu laris pada musim dingin atau hari libur. Bisa ditebak apa alasannya.Next


(fyk/rou)