Googling di Ponsel Kini Senyaman Desktop

Jakarta - Menjelajahi situs menggunakan perangkat mobile tentu akan lebih nyaman jika situs yang dikunjungi telah dioptimasi untuk layar ponsel ataupun tablet --yang tentu mempunyai layar lebih kecil dibandingkan layar komputer.

Sayangnya, tak semua pembuat situs menyadari akan hal tersebut, sehingga masih banyak situs yang hanya nyaman jika dibuka menggunakan layar komputer.


Nah, Google baru-baru ini menambahkan sebuah fitur baru di layanan mesin pencarinya. Mereka akan memberikan tanda di situs yang mempunyai versi yang sudah dioptimasi untuk layar ponsel.


Seperti dilansir Phone Arena, Kamis (20/11/2014), fitur ini tentu hanya bisa dilihat jika mengakses layanan pencari Google menggunakan ponsel ataupun tablet.


Dengan fitur ini, pengguna layanan Google bisa 'menyingkirkan' situs-situs yang tak cocok untuk dibuka via ponsel. Selain itu juga akan menyingkirkan situs-situs yang mengandung Flash di dalamnya.


Google juga memberikan sebuah laman khusus di sini yang membolehkan para webmaster untuk menguji apakah situsnya tergolong mobile-friendly. Mereka juga memberikan tips untuk membuat situs yang mobile-friendly di sini.


(asj/tyo)