New York 'Sulap' Telepon Umum Jadi 10.000 Hotspot

New York - New York punya rencana ambisius dalam mengubah wajah fasilitas telepon umum di kotanya. Mereka ingin mengganti telepon umum dengan titik hotspot internet berkecepatan tinggi.

Ini merupakan bagian dari perencanaan kota berjuluk LinkNYC. Dimana proyek ini akan mengganti telepon umum dengan sebuah konsol yang menyediakan akses WiFI gratis selama 24 jam nonstop.


Hotspot yang akan dibangung nantinya akan berbentuk pilar. Di sini akan disediakan panggilan lokal gratis (termasuk 911 dan 311), tempat charger untuk pengguna ponsel, dan sebuah tablet layar sentuh untuk mengakses layanan kota, penunjuk arah, dan lainnya. Rencananya, alat tersebut akan disebar sebanyak 10.000 unit di kota New York.


LinkNYC dikabarkan akan didanai sepenuhnya oleh pendapatan iklan dan akan dibangun tanpa membebankan biaya pajak. Proyek ini diperkirakan akan menghasilkan lebih dari USD 500 juta pendapatan untuk Kota New York dalam 12 tahun pertama.


Untuk kecepatan yang ditawarkan, LinkNYC diklaim bakal menawarkan kecepatan internet ngebut, bahkan disebut mampu menyentuh satuan Gbps.



Seperti dilansir The Verge, akses ini disebut lebih cepat 100 kali lipat dibandingkan hotspot WiFI umumnya dan 20 kali lebih cepat dibanding layanan internet rumah di New York. Artinya, pengguna bisa mengunduh dua jam film HD hanya dalam waktu 30 detik.


Proyek ini baru akan dimulai di awal tahun 2015, bersamaan dengan ditariknya 6.400 telepon umum dari jalan raya.


(ash/ash)