'Pilar-pilar Penciptaan', Foto Angkasa Paling Menakjubkan

Jakarta - Pillars of Creation, begitu namanya. Kalau dalam bahasa Indonesia, terjemahannya pilar-pilar penciptaan. Foto yang diambil oleh teleskop Hubble pada April 1995 ini dianggap sebagai salah satu foto angkasa paling ikonik dan menakjubkan.

Ia disebut Pillars of Creation karena menampakkan proses terbentuknya bintang-bintang di Eagle Nebula yang jaraknya sekitar 7.000 tahun cahaya dari bumi. Kini, teleskop Hubble kembali memotret lokasi tersebut dengan hasil yang lebih bagus serta lebih lebar.


Foto tersebut dirilis dalam pertemuan tahunan American Astronomical Society. Selain versi 'telanjangnya', dipertunjukkan juga versi lain dengan cahaya infra merah sehingga lokasi itu bermandikan bintang-bintang.



"Struktur ini adalah yang paling fotogenik," kata para periset mengenai mengapa foto tersebut tampak menakjubkan. Proses kelahiran bintang semacam itu memang umum di jagat raya yang begitu luas ini.


"Kami menangkap pilar itu dalam momennya yang sangat unik dalam evolusinya. Pilar pilar tersebut menunjukkan sebuah proses yang sangat dinamis dan aktif," kata Paul Scowen dari Arizona State University yang dikutip detikINET dari Daily Mail, Selasa (6/1/2015).

(fyk/ash)