Serangan Mematikan 'Pasukan Kadal' Misterius

Jakarta - Nama mereka adalah Lizard Squad atau kelompok kadal. Terdengar lucu memang, tapi aksi yang dilakukan grup hacker ini tak bisa jadi bahan tertawaan. Mereka telah menumbangkan beberapa sistem perusahaan teknologi raksasa. Siapa sebenarnya mereka?

Nama Lizard Squad mulai dikenal ketika pada Agustus 2014, mereka melancarkan serangan DDoS pada server game online League of Legends. Sehingga server game tersebut menjadi offline.


Berlanjut pada bulan November, mereka menyerang server game Destiny, juga dengan metode DDoS. Puncaknya pada bulan November, nama mereka kian diperhitungkan. Soalnya mereka berhasil melumpuhkan jaringan PlayStation Network yang dikelola Sony.


Waktu itu, Sony mengaku bahwa PSN telah jadi target dari serangan DDoS yang membuat jaringannya down beberapa waktu. Pihak Federal Bureau of Investigation turun tangan karena Lizard Squad tak cuma menyerang PSN, melainkan juga meneror sebuah pesawat American Airlines dengan rute Dallas menuju San Antonio.


Mereka mengatakan bahwa di pesawat dengan nomor penerbangan 362 itu terdapat sebuah bom. Ancaman itu diterima Presiden Sony Online Entertaiment John Smedley -- yang ada di dalam pesawat itu -- melalui sebuah tweet dari kelompok Lizard Squad.


Giliran kemudian pada bulan Desember, Xbox Live mereka hajar. Lalu Korea Utara internetnya sempat down yang diklaim juga karena serangan Lizard Squad. Terakhir, situs resmi maskapai Malaysia Airlines mereka jahili.


Siapa di Balik Lizard Squad?Next


(fyk/ash)