Google: Gmail Bebas Sadap

Jakarta - Maraknya aksi penyadapan yang dilakukan berbagai lembaga pemerintah, membuat Google harus memperbaiki sistem layanannya. Kini mereka sudah menggunakan proteksi khusus yang diklaim aman.

Nicolas Lidzborski, arsitek sistem keamanan untuk Gmail, mengklaim bahwa salah satu layanan Google tersebut sudah mulai menggunakan enkripsi.


"Ini artinya tidak akan ada yang bisa membaca pesan Anda di Gmail, bahkan ketika Anda sedang mengaksesnya di WiFi publik," klaim Lidzborski.


Dengan sistem tersebut Lidzborski menjelaskan bahwa seluruh email yang keluar masuk dari server Google akan terlebih dulu diacak dengan sandi khusus.


"Ini untuk meyakinkan bahwa pesan Anda aman," tulis Lidzborski pada blog resmi Google yang dikutip detikINET, Senin (24/3/2014).


Langkah Google untuk menggunakan enkripsi pada Gmail dimulai dari isu penyadapan yang makin liar. Google berharap, dengan penggunaan sistem ini para penggunanya bakal percaya bahwa layanan email mereka bebas sadap.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!