Lenovo Borong Paten Rp 1,1 Triliun

China - Beberapa waktu lalu bos Lenovo sesumbar bahwa mereka masih 'lapar' akuisisi . Dan benar saja, lagi-lagi produsen asal China itu memborong sejumlah paten senilai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun (USD 1= Rp 11.000).

Paten yang dibeli Lenovo kali ini berasal dari Uwired Planet. Sebuah perusahaan yang memiliki banyak lisensi terkait jaringan 3G dan LTE, selain itu mereka juga termasuk pemasok tekologi SMS, MMS, email, browser web, dan gateway internet untuk berbagai perusahaan besar.


Total ada 21 paten yang nantinya akan dimiliki Lenovo, semua paten tersebut terkait dengan teknologi smartphone yang belakangan memang tengah diseriusi oleh Lenovo.


"Ini merupakan investasi keberlanjutan dari portofolio kekayaan intelektual Lenovo," kata Jay Clemens, General Counsel Lenovo. Seperti dikutip detikINET dari China Tech News, Senin (24/3/2014).


Dengan seluruh paten yang dimilikinya, Unwired Planet -- yang sebelumnya dikenal sebagai OpenWave -- disebut-sebut sebagai perusahaan yang gemar menuntut para raksasa teknologi seperti Apple dan Google.


Mereka kerap meminta ganti rugi atas biaya lisensi atau sering juga memiliki lisensi silang terhadap perusahaan yang telah dituntutnya. Rencananya transaksi senilai USD 100 juta antara Lenovo dengan Unwired Planet bakal dalam 30 hari ke depan.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!