Google Ingin Batasi keterbukaan Android

Jakarta - Android selama ini dikenal sebagai sistem operasi yang bisa dijelajah ke perangkat apapun, termasuk jam tangan, mobil dan bahkan TV. Akan tetapi gara-gara terlalu bebas, agaknya Google ingin mulai membatasinya.

Misalnya saja ketika Android Wear datang, wilayah kustomisasi tidak terlalu diumbar terlalu bebas. Apalagi Android Lollipop dirancang untuk perangkat lain di luar ponsel biasa dan tablet.


Vice President of Engineering Hiroshi Lockheimer mengakui bahwa pembuat hardware memiliki keterbatasan kustomisasi Android untuk jam tangan, mobil dan TV. Namun Lockheimer menambahkan, mengunci keterbukaan Android bukanlah cara permanen bagi Google.


"Kami hanya membutuhkan waktu, untuk memastikan dasar-dasar yang tepat di daerah baru sebelum mengizinkan kustomisasi yang lebih dalam," katanya seperti dikutip detikINET dari Recode, Minggu (19/10/2014).


Secara keseluruhan, Google memang lebih mendorong agar pembuat perangkat mengutak-atik aplikasi daripada menguliti versi asli dari user interface. Itulah yang saat ini sedang dilakukan melalui Android One.


(tyo/tyo)