Punya 2 Nakhoda, Hewlett-Packard Ingin Lebih Agresif

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) mengonfirmasi isu yang menyebut perusahaannya akan dipecah menjadi dua. Dengan satu perusahaan fokus pada layanan IT korporat dan lainnya menjual PC dan printer, apakah akan menjadikann HP lebih kuat?

"Dengan mengubah HP menjadi dua perusahaan, akan membantu upaya kesuksesan kami. HP akan berada di posisi yang lebih baik untuk bersaing dengan pasar," ujar CEO HP Meg Whitman optimistis, dikutip dari Telegraph, Selasa (7/10/2014).


Whitman mengatakan, tiga tahun belakangan menjadi tahun bagi HP memperkuat bisnis utamanya. HP diklaimnya berada pada poin yang memungkinkan mereka bisa melaju lebih agresif, sehingga dirinya tak ragu mengambil keputusan untuk memecah perusahaan.


Dengan keputusan ini, Whitman akan menjadi CEO HP Enterprise, bisnis yang fokus pada penjualan server, networking gear dan storage. Secara bersamaan, Whitman menjadi chairman HP Inc, divisi bisnis PC dan printer. Divisi ini akan dipimpin Dion Weisler yang sebelumnya menjadi executive di divisi tersebut.


Dikatakan Whitman, dengan pemecahan ini HP juga akan meningkatkan posisinya di bisnis software. Bisnis ini disebut HP menawarkan margin profit lebih tinggi dibandingkan corporate hardware.


(rns/ash)