Tembus Target, Xiaomi Jual 61 Juta Ponsel

Jakarta - Sepanjang 2014 boleh dibilang adalah tahun yang cemerlang bagi Xiaomi. Selain kepopulerannya yang melambung cepat, perusahaan asal China ini melampaui ekspektasinya sendiri dalam penjualan ponsel.

Seperti dilansir IB Times, Minggu (4/1/2015), Xiaomi tercatat menjual lebih dari 61 juta unit smartphone selama 2014. Lebih banyak tiga kali dari angka penjualan di tahun lalu.


Perusahaan asal China ini juga membukukan pendapatan total USD 12 miliar selama 2014 dengan penjualan smartphone naik dari 18,7 juta unit di 2013 menjadi 61,1 juta unit di 2014.


Head of Global Expansion Xiaomi Hugo Barra pun dengan bangga mengumumkan pencapaian perusahaannya melalui akun Twitter pribadinya hari ini. "Xiaomi 2014: 61.1 million phones sold, ¥74,3B in revenue (nearly USD 12B)," kicaunya. Barra juga mengungkapkan bahwa pengapalan smartphone Xiaomi tumbuh 227% setiap tahunnya.


Namun tidak dijelaskan apakah angka USD 12 miliar yang disebutkan Barra merupakan murni hanya dari penjualan smartphone saja, atau keseluruhan perangkat yang dijualnya.


Sumber lain dari analis industri Benedict Evans menyebutkan, smartphone merupakan pendapatan utama Xiaomi. Artinya, rata-rata harga jual ponsel Xiaomi sekitar USD 195.


Seperti diketahui, Xiaomi juga menjual perangkat lain seperti tablet, TV, set-top box dan headphone. Dan jika bocoran yang tengah beredar benar, Xiaomi kabarnya juga akan menjual laptop serupa MacBook Air.

(rns/rns)