Tak Anti Air, Galaxy S6 Edge Tahan Tenggelam 20 Menit

Jakarta - Bila beberapa hari lalu Galaxy S6 harus melalui pengujian dibanting secara brutal, sekarang giliran Galaxy S6 Edge yang kebagian ditenggelamkan dalam air. Padahal ponsel jagoan Samsung ini tidak punya kemampuan tahan air.

Jadi di pengujian ini memang bukan untuk menunjukkan performanya, melainkan ketahanan untuk menghadapi dunia luar yang kondisinya beragam, misalnya kehujanan. Pengujiannya sederhana, Galaxy S6 Edge dipaksa berendam di dalam air.


Tapi ketinggian airnya memang tidak dalam, hanya setinggi mangkuk, berarti sekitar 10 cm. Pun begitu, untuk Galaxy S6 Edge yang tidak dibekali kemampuan tahan air, pengujian semacam ini lumayan berisiko. Sebab risiko yang harus ditanggung adalah mati total. Apalagi pengujian yang dilakukan terbilang cukup lama, sampai 20 menit!


Bagaimana hasilnya? Setelah 20 menit, Galaxy S6 Edge yang direndam diangkat kemudian dikeringkan secukupnya. Dan wow! Ternyata ponsel buatan Samsung tetap bisa dioperasikan secara normal, hampir tak ada masalah sama sekali.


Namun ketika beralih ke fungsi kamera, sepertinya bagian ini agak sedikit terganggu karena di layar Galaxy S6 Edge tampilan kameranya terlihat agak aneh.


Pun demikian, bisa dibilang Galaxy S6 Edge lulus dalam pengujian ini. Tapi meski mampu melalui pengujian direndam dalam air selama belasan menit, jangan berani-berani melakukan hal ini pada Galaxy S6 Edge milik sendiri.


Karena dari Samsung memang tak menonjolkan kemampuan tahan air sebagai salah satu fitur Galaxy S6 Edge. Yang ada garansinya malah bakal dianggap hangus karena melakukan hal-hal yang di luar batas garansi.


Tapi berdasarkan hasil pengujian ini, sepertinya pengguna Galaxy S6 Edge tak perlu terlalu khawatir bila ponselnya terkena hujan, atau bahkan tak sengaja tersiram. Pasalnya, ponsel jagoan Samsung sepertinya sanggup menangani kejadian-kejadian semacam itu.


(yud/ash)