XL Menuju Pergantian Pucuk Pimpinan

Jakarta - Hasnul Suhaimi dalam hitungan beberapa jam ke depan dipastikan akan melepas jabatan prestisius yang telah diembannya sejak 2006 silam.‎ Terhitung mulai besok, ia bukan lagi ‎President Director & CEO XL Axiata.‎

Kepemimpinannya selama sembilan tahun terakhir akan digantikan oleh Dian Siswarini yang dalam beberapa bulan terakhir menjabat sebagai Deputy CEO XL Axiata.


"Bu Dian adalah calon pengganti saya. Calon CEO. Kapan ini terjadi? Tunggu saja tanggal mainnya," ujar Hasnul di awal Januari 2015 dalam‎ ‎Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ‎(RUPSLB).


Nah, tanggal main yang ditentukan pun tiba. XL telah mengumumkan digelarnya RUPSLB berikutnya yang ditetapkan esok hari, ‎Rabu (1/4/2015). Agenda rapat utamanya akan ‎ mengumumkan finalisasi dari transisi jabatan puncak di perusahaan seluler itu.


Hasnul dan Dian sama-sama jebolan Indosat. Tapi bedanya, Dian lebih dulu menyeberang dan merintis karirnya lebih lama di XL. Sedangkan Hasnul baru memilih untuk pindah setelah sukses menjadi orang nomor satu di perusahaan itu.


"Waktu‎ saya pertama masuk XL 2006 lalu banyak yang mempertanyakan, kenapa dari luar XL yang menjadi bos. Saya waktu itu berjanji akan membuat future leader dari internal XL. Sejauh ini Bu Dian adalah kandidat terkuat dari internal XL untuk posisi CEO ini,” kata Hasnul.


Menurutnya, sejak 2011 lalu, ia telah mempersiapkan tiga nama yang dicalonkan untuk menggantikan dirinya sebagai orang nomor satu di XL.Next


(rou/ash)