SMA 78 Gelar Uji Coba Ujian Online

Jakarta - Uji coba Ujian Nasional (UN) secara online di SMA 78, Jakarta Barat berjalan lancar. Kegiatan ini dilakukan di tiga kelas dan dibagi dalam tiga sesi.

Ujian dilaksanakan di lantai 2 sekolah tepatnya di dua ruang kelas dan satu ruang komputer, Rabu (1/4/2015). Dalam satu kelas terdapat 40 unit komputer yang sudah bisa digunakan oleh 400 murid kelas XII di sekolah tersebut.


Seperti diketahui di SMA 78, untuk satu mata pelajaran dibagi dalam tiga sesi. Sesi awal dibuka pada pukul 06.45 WIB sampai sesi terakhir selesai pukul 16.45 WIB.


Untuk bisa mengakses ujian secara online terlihat para murid harus memasukkan nama dan nomor tanggal lahir dengan format DD/MM/YYYY. Setelah itu, pengisian data diri dan soal akan muncul.


Karena masih dalam masa try out, setiap soal yang sudah selesai dijawab akan bisa langsung dilihat nilainya. Dikarenakan server masih tersambung dengan sekolah.


Tetapi nantinya jika ujian nasional dilaksanakan semua jawaban langsung masuk ke server Kemendikbud.


Anak-anak yang menjalani ujian dengan sistem online terlihat tidak terlalu panik. Namun, mereka memang mengeluhkan karena mata akan kelelahan jika terlalu lama di depan komputer.


Menurut salah satu guru, Ibu Sari, SMA 78 dinilai sudah siap menjalani ujian secara online. "Komputer kami memenuhi dan saya yakin akan lancar saja," ujar Sari saat mengawas di ruang 202.



(jsn/ash)