Dian Siswarini Resmi Jadi Dirut XL

http://us.images.detik.com/content/2015/04/01/328/dianxl46.jpgDian Siswarini (dok. xl)


Jakarta - Dian Siswarini akhirnya resmi diangkat menjadi President Director & CEO XL Axiata menggantikan Hasnul Suhaimi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ‎(RUPSLB) yang digelar pagi ini di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Pengangkatan Dian sebenarnya hanya berupa formalitas saja. Karena sejak ia diangkat menjadi Deputy CEO dalam RUPSLB per awal Januari tahun ini, seluruh tugas yang terkait CEO telah menjadi tanggung jawabnya. Hasnul pun telah memastikan sejak lama bahwa Dian adalah calon CEO pengganti dirinya.


Hasnul yang telah sembilan tahun memimpin XL sejak pindah dari Indosat 2006 silam, memang telah menetapkan Dian sebagai penggantinya sejak 2011 lalu. Selama tiga tahun, Dian dipersiapkan dalam sejumlah pelatihan khusus. Mulai dari sekolah lagi di Amerika Serikat, hingga belajar memimpin dari induk perusahaan Axiata di Malaysia.


Dalam masa persiapan itu, Hasnul pun mempercayakan Dian untuk mengurusi bisnis layanan digital XL dengan meluncurkan layanan iklan digital, pembayaran mobile XL Tunai, hingga toko online Elevenia yang merupakan perusahaan patungan XL dengan SK Planet asal Korea Selatan.


Hasnul juga mendorong Dian untuk berkiprah di pasar luar Indonesia. Sejak Juni 2014, Dian menjabat sebagai Group Chief of Marketing and Operation Officer di Axiata untuk memimpin anak usaha Axiata di beberapa negara Asia. Selama enam bulan di Axiata ia mempelajari pasar telekomunikasi di Malaysia, Kamboja, Sri Langka, Bangladesh, dan Singapura.


(rou/ash)