Perkuat Cloud Gaming, Sony Beli OnLive

Jakarta - Sony Computer Entertainment membeli aset perusahaan cloud gaming OnLive. Aset yang diincar Sony antara lain termasuk 140 paten lingkup Amerika Serikat (AS) dan skala global untuk layanan cloud gaming.

Namun tidak diketahui berapa nilai kesepakatan di antara Sony dan OnLive atas peralihan kepemilikan portfolio paten ini. Seperti dikutip detikINET dari Tech Crunch, Minggu (5/4/2015), OnLive akan menutup operasionalnya pada 30 April 2015 dan tidak akan memperbarui layanan berlangganan apapun.


Pengguna yang memperpanjang layanan berlangganan pada atau setelah 28 Maret 2015, akan mendapatkan pengembalian. OnLive mengatakan, OnLive Game Service, OnLive Desktop dan SL Go (Second Life) masih akan tersedia hingga 30 April.


Sekilas tentang OnLive, perusahaan ini didirikan sekitar satu dekade lalu oleh 'alumnus' Apple dan Microsoft, Steve Perlman. OnLive pertama kali didirikan untuk menawarkan cara bermain video game yang berkelas secara visual, tanpa harus memiliki hardware yang mahal.


Cara bekerjanya yakni melalui teknologi yang disebut 'cloud gaming'. Teknologi ini menjadi tempat program gaming berjalan pada komputer yang powerful di dalam sebuah server.


(rns/rns)