Awas Kecele! Ponsel Windows Phone Pakai DOS

Jakarta - Ada-ada saja yang dilakukan untuk merayakan April Mop. Smartphone yang sejatinya punya segudang fitur pintar malah diubah seperti jadi komputer lawas. OS yang sudah punya tampilan menarik malah diganti berbasis teks, DOS.

DOS sendiri popular di tahun 1990-an, kala itu memang belum ada OS yang menyodorkan tampilan berbasis GUI. Nah, apa jadinya bila DOS yang hanya berbasis teks digunakan untuk menjalankan sebuah smartphone yang jelas-jelas perangkat canggih?


Hal nyeleneh ini dilakukan pada sebuah ponsel berbasis Windows Phone (WP) Lumia 1520. Tapi memang tak benar-benar digantikan oleh DOS, jadi OS jadul ini hadir sebagai salah satu aplikasi di WP. Menariknya, tak cuma sekadar menjalankan perintah ‘dir’, bahkan DOS yang dijalankan di ponsel WP ini juga bisa disuruh menjalankan fungsi kamera.



Saat menjalankan aplikasi ini pengguna akan dihadapkan dengan tampilan hitam ala DOS, dengan barisan perintah berbasis teks. Pengguna pun diwajibkan mengetik perintah bila ingin mengakses sesuatu, misalnya melihat isi folder ataupun yang lainnya.


Yang lucu adalah ketika aplikasi DOS disuruh menjalankan fitur kamera. Karena cuma mendukung warna hitam dan putih, tampilan viewfinder-nya saat ingin menjepret objek hanya didominasi warna kelabu. Resolusinya juga anjlok, saking rendahnya sampai kotak-kotak pixelnya kelihatan.



Tapi memang aplikasi DOS ini sekadar untuk lucu-lucuan, jadi jangan berharap yang macam-macam. Selain untuk merayakan April Mop, aplikasi ini juga bisa jadi bahan nostalgia bagi penguna yang pernah merasakan OS lawas buatan Microsoft itu.


(yud/ash)