Sudah Dirilis, OxygenOS Bisa Dicicipi

Jakarta - OnePlus akhirnya merilis versi awal sistem operasi besutannya OxygenOS. Dengan demikian, pembesut ponsel asal China ini resmi meninggalkan Cyanogen.

OxygenOS adalah Android Lollipop versi OnePlus yang disesuaikan dan dioptimalkan untuk ponsel OnePlus One. OxygenOS diklaim OnePlus sangat mendekati Android Open Source Project (AOSP) sehingga diklaim lebih efisien dan ringan.


AOSP bisa dibilang adalah versi Android yang masih murni, tanpa adanya berbagai tambahan yang biasanya dilakukan oleh vendor ponsel. Ponsel yang mengandalkan AOSP dipercaya punya performa yang lebih ngacir.


"Dengan menciptakan sistem operasi sendiri, kami bisa dengan cepat merespons feedback pengguna dan memudahkan Anda ikut menjadi bagian penting dalam masa depan OnePlus," tulis OnePlus seperti dikutip detikINET melalui blognya, Minggu (5/4/2015).


"Tujuan kami membuat OxygenOS adalah menyajikan kecepatan serta update dan layanan yang lebih terintegrasi bagi semua pengguna OnePlus," tambahnya.


Di halaman blog resminya pula, OnePlus mempersilakan pengguna mencicipi OxygenOS, dengan mengklik tautan yang disediakannya. Disertakan pula video YouTube, demo bagaimana OxygenOS di OnePlus One.


Kabar keretakan OnePlus dengan Cyanogen mulai ramai diperbincangkan awal Januari tahun ini. Semula, niat OnePlus mengembangkan OxygenOS adalah sebagai responsnya terhadap pasar India. Next


(rns/rns)